Sabtu, 14 November 2009

10 KUNCI SUKSES MENJADI SAHABAT YANG BAIK

1. Cara kita berbicara terkadang bisa menyenangkan sahabat kita, tapi sebaliknya terkadang malah bisa jadi bumerang bagi jalinan persahabatan yang udah terbina sekian lama. So, nggak pengin kan gara-gara kamu salah ucap sohibmu jadi marah? Nah, sebelum berbicara sebaiknya pilih kata-kata yang bijaksana. Maksudnya walaupun berisi kritikan sekalipun, tapi apa yang kamu ucapkan nggak menyinggung perasaannya karena kata-kata yang udah terlontar keluar nggak bisa ditarik kembali.
2. Perselisihan karena nggak sepaham dalam menyikapi suatu masalah bisa saja terjadi. But, kamu jangan sampai melakukan tindakan yang membuat sohibmu tersinggung, misalnya membicarakan tentang keburukannya dengan temanmu yang lain. Yang perlu diingat, usahakan jangan sekali-kali berbicara dibelakangnya.
3. Membina suatu hubungan persahabatan yang penuh keakraban baik dalam suka maupun duka. So, mulailah untuk saling memahami satu sama lain, baik dalam masalah karakter, prinsip maupun soal kebiasaan sehari-hari.
4. Nggak selamanya hari-harimu bareng sohib akan terasa indah. Bisa jadi sohibmu sedang happy, sementara kamu lagi jutek abis. Jangan biarkan faktor jutek yang sedang melandamu akan mempengaruhi persahabatan kalian. Sebagai teman yang baik, sohibmu akan dengan senang hati mendengarkan keluh kesahmu, tapi jangan manfaatkan mereka sebagai tempat tumpahan kekesalan. Suatu saat kamu juga mesti siap mendengarkan masalah mereka.
5. Kominasi antar sahabat itu penting banget. Sohibmu nggak bisa membaca apa yang sedang kamu pikirkan kalo ada sesuatu yang mengganjal diantara kalian. Cobalah untuk sharing satu sama lain, siapa tahu sohibmu bisa ngasih masukan yang bermanfaat.
6. Jangan egois. Terimalah kenyataan kalo sohibmu nggak bisa selalu mendampingimu setiap saat karena setiap orang kan punya rutinitas masing-masing. Makanya jangan cemburu atau merasa tersisihkan kalo sohibmu sedang tertarik dengan hal lain, sebaliknya berikanlah support terhadapnya. Ketika sohibmu sedang sibuk, kamu bisa mengisi waktumu dengan mengerjakan kegiatan yang kamu senangi.
7. Hargailah pendapat satu sama lain. Setiap individu memiliki hak yang sama buat mengutarakan opininya. Kalo sohibmu nggak setuju dengan pendapatmu bisa jadi dia memiliki alasan tersendiri.
8. Nggak ada manusia yang sempurna. Setiap orang punya kelebihan dan juga kekurangan. Terimalah kekurangan masing-masing dengan saling memberi dukungan serta berusaha memperbaikinya sebagai kunci menuju persahabatan yang langgeng.
9. Ingat kaedah persahabatan, perlakukanlah orang lain dengan baik seperti kamu pengin diperlakukan yang sama oleh mereka. Kalo kamu bisa menghormati orang lain, maka orang lain pun akan menghormatimu.
10. Biasanya kamu akan lebih interest ama orang yang punya minat yang sama dengan dirimu, so kalian bisa melakukan kegiatan tersebut secara bersama-sama. But, jangan menghindar dari orang lain yang memiliki minat berbeda denganmu karena hal ini akan menambah pengetahuanmu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar