Sabtu, 14 November 2009

8 KUNCI PENTING LANGGENG PERSAHABATAN

Sahabat memang memiliki arti khusus tersendiri dalam hati setiap orang. Kehadirannya yang tidak hanya mengisi hari-hari bahagia Anda, tetapi juga hari-hari dimana Anda dalam fase mentally breakdown adalah oase di padang pasir.
Tapi selayaknya 2 kepala yang berbeda sudah pasti memiliki isi yang berbeda pula, kadang membina dan mempertahankan persahabatan memang tidak semudah yang dikira. Tapi bukan berarti lantas Anda tidak perlu berusaha untuk mempertahankan persahabatan yang selama ini sudah terjalin kan?
Kami membocorkan beberapa kunci yang harus dipegang selalu dalam hubungan persahabatan yang sehat. Beberapa mungkin Anda sudah camkan baik-baik selama ini, tapi siapa tahu sisanya memang belum pernah terpikirkan oleh Anda..
1. Bersikap terbuka adalah satu landasan penting yang harus dikuasai oleh Anda dan sahabat Anda. Bagaimana mungkin Anda bisa membina persahabatan yang sehat bila dalam hati menyimpan rasa dendam atau bersalah? Bahaslah masalah yang mengganjal hubungan persahabatan Anda dengan terbuka. Jangan lupa pilih timing yang tepat tentunya.
2. Perlakukan sahabat Anda sebagaimana Anda ingin diperlakukan olehnya. Jadi bila Anda ingin ia juga ada untuk Anda disaat down, lakukanlah hal itu lebih dulu padanya.
3. Tidak ada manusia yang sempurna. Menerima kekurangan antara satu sama lain adalah kunci persahabatan yang baik. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa mencoba membantunya memperbaiki kekurangan dan sebaliknya, Anda juga harus bisa menerima kritik membangun.
4. Hargai pendapat satu sama lain. Beda pendapat itu wajar, tinggal bagaimana mengkompromikannya dengan baik.
5. Sahabat bukanlah orang yang akan mendampingi Anda selama 24 jam dan 7 hari seminggu. Perlakukan ia seperti Anda sedang menggenggam pasir dalam tangan. Jangan pernah terpikir untuk membuatnya selalu ada untuk Anda. Ia juga punya kehidupan sendiri. Jadi jangan langsung merasa tersisih saat ia sedang sibuk dengan keluarga ataupun teman-teman jaman sekolahnya dulu.
6. Komunikasi. Sounds so cliché? Memang. Tapi hal satu ini memang sangat penting. Sering terjadi maksud baik Anda untuk memperhatikan seorang sahabat malah dianggap sebagai intervensi yang keterlaluan. Kuncinya adalah cara Anda mengkomunikasikan maksud baik tersebut. Ibarat sebuah berlian yang dibungkus karung sampah, isinya tetap sebuah berlian. Agar lebih baik, Anda harus mengganti kemasan karung sampahnya dengan sebuah kotak yang menarik. Itu dia!
7. Seiring berjalannya persahabatannya Anda, belajar satu sama lain akan membuat hubungan jadi lebih sehat, selain tentunya bagus untuk perkembangan Anda. Contoh sederhananya saja, bila Anda pada awalnya selalu ngaret saat janjian, kini kebiasaan itu perlahan terkikis karena sahabat Anda akan rewel atau malah ngambek saat Anda kembali melakukan kebiasaan buruk tersebut. Demikian sebaliknya, kebiasaan buang sampah sembarangan sahabat Anda jadi hilang karena Anda yang membiasakannya buang sampah di tempatnya.
8. Jangan biarkan persahabatan retak karena hadirnya pria. Tidak rela kan membiarkan persahabatan yang terjalin lebih dari 1 dekade bubar hanya karena Anda dan sahabat ‘menggebet’ pria yang sama? Masih banyak ikan di ladang kok, jadi tidak perlu sampai rebutan dan bubar jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar