Sabtu, 14 November 2009

MEMOTIVASI DIRI

Berikut beberapa Kiat Fisik untuk Membangkitkan Motivasi

1.Pastikan diri Anda berada pada posisi ‘akan memulai’

Cara lain untuk membangkitkan motivasi adalah berada pada posisi ‘akan memulai’ melakukan suatu pekerjaan. Posisi memulai bukan berarti secara mental, tapi juga secara fisik. Artinya, anda menggerakkan fisik anda dalam posisi stand by untuk melakukan suatu pekerjaan. Misalnya : Anda ingin makan mie tapi kurang termotivasi untuk masak mie, gerakkan tubuh anda untuk mengambil dan memegang mie. Peganglah terus mie tersebut dan gerakkan tangan anda untuk membuka mie tersebut, terus lakukan sampai muncul motivasi anda untuk melangkahkan kaki ke dapur dan memasak mie tersebut.


Sambil terus dalam posisi mulai, gerakkan hati dan pikiran anda untuk memunculkan semangat kerja. InsyaAllah dengan memaksakan diri berada pada posisi ‘akan memulai’, motivasi anda akan muncul untuk mulai bekerja.

2.Segarkan badan Anda

Bekerja bukan hanya membutuhkan pikiran dan perasaan yang fresh tapi juga fisik yang fresh karena dapat membuat anda semangat bekerja.


Hindari bekerja tanpa istirahat sehingga anda mengalami kelelahan kronis. Terlalu lelah akan membuat semangat turun drastis. Dan beruntunglah seorang Muslim, karena minimal 5 waktu dalam sehari ada kesempatan untuk me re-charge semangat, pikiran dan tenaga. Selain itu fisik juga akan lebih fresh setelah terbasuh suci lagi mensucikan ( baca : wudlu ).


Begitu pula anda perlu mandi agar tubuh anda tetap segar dan kantuk pun hilang. Memakai wangi-wangian juga bermanfaat untuk membuat anda merasa segar. Yah, kalau anda tidak mandi, ngantuk dan bau badan juga menyengat, tentu akan membuyarkan konsentrasi dan menurunkan semangat kerja anda. ^_^

3.Lakukan olahraga

Olahraga yang teratur akan membuat tubuh menjadi sehat dan segar sehingga tidak cepat merasa lelah. Hal ini membuat anda dapat beraktivitas secara teratur dalam waktu yang lama.


Pilih waktu olahraga yang membuat anda termotivasi untuk berolahraga, mungkin anda perlu mengajak orang lain untuk berolahraga bersama atau ikuti klub olahraga.


Saran mona : olahraganya jangan smackdown ya !!

4.Perhatikan penampilan Anda

Biasanya penampilan yang bersih dan rapi dapat membangkitkan motivasi. Mengubah penampilan juga dapat membuat anda kembali bersemangat, terutama jika anda sudah bosan dengan penampilan sehari-hari. Misalnya, biasanya memakai baju berwarna coklat, kenakan baju warna lain. Tapi kalo emang harus pake seragam ya, terima aja daripada di pecat.


Namun tentu saja mengubah penampilan harus disesuaikan dengan lingkungan profesi anda. Jangan jadi orang aneh.

5.Jauhi rokok, alkohol dan obat-obatan terlarang

Jauhi sejauh-jauhnya ! Jangan coba mendekat !

6.Hindari makan terlalu kenyang

Makan yang terlalu kenyang juga akan membuat badan menjadi malas bergerak. Orang yang makan terlalu kenyang biasanya langsung mengantuk.
Dan Qudwah Hasanah yang mulia Rasulullah saw mengajarkan makanlah secukupnya, makan yang baik itu adalah jika kita berhenti sebelum kenyang. Para ulama menganjurkan untuk menjauhi makan yang berlebihan karena dapat berdampak pada malas beribadah dan beramal. Malah kita dianjurkan untuk memperbanyak puasa.

7.Hilangkan kebiasaan suka tidur

Sulit bagi orang yang suka tidur untuk bekerja dengan giat dan rajin.

8.Lakukan relaksasi

Relaksasi adalah aktivitas yang membuat kita merasa rileks.
Salah satu contoh relaksasi adalah dengan berbaring dan melemaskan seluruh sendi tubuh. Kemudian menarik nafas selama 15 detik, lalu hembuskan nafas secara perlahan. Cara ini dilakukan berulang-ulang sampai muncul perasaan rileks. Bagus juga jika sembari relaksasi, kita memejamkan mata. Lalu membayangkan masa depan yang sukses. Tapi jangan sampe ngiler ya, itu berarti dah sleep.

9.Atur posisi tubuh dan cara berjalan Anda

Orang yang bekerja dengan posisi tubuh yang tepat tentu lebih tahan lama bekerja daripada orang yang posisi tubuhnya kurang tepat. Misalnya, duduk dengan posisi bungkuk akan membuat badan cepat lelah dan sakit.


Cara berjalan yang dianjurkan adalah berjalan agak cepat seakan-akan anda melangkah di jalan yang menurun. Cara berjalan seperti ini akan membuat anda bersemangat dan merasa waktu bergerak cepat sehingga tidak ada waktu untuk berleha-leha. Nabi Muhammad saw juga memiliki kebiasaan berjalan cepat. Hal ini mempengaruhi semangat hidup beliau yang tinggi.

10.Makanan bergizi.

Makanlah makanan yang halal lagi baik. Tentu masih inget dengan jargon itu. Halal tapi kalau tidak baik ( bergizi ) tentu akan berpengaruh pada metabolisme tubuh. Misal, ikan yang berformalin, junk food yang banyak beredar – yang kehalalannya pun belum jelas –.

Baik tapi tidak halal, kalau ini sih jelas harus bin wajib untuk dihindari. Misalnya, capcay yang pakai arak ( angciau ) dan minyak babi dan banyak diantara kita yang sering ’kepergok’ makan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar